√ Latihan Soal Ukg Sd Bab 4 (Soal 151-200)
Latihan Soal UKG SD Bagian 4 (soal 151-200)- Sahabat Infosekolah ini ialah lanjutan dari soal UKG SD pecahan 3
151 6.5.1 Mengkategorikan penyebab perubahan sifat benda.
Berikut ialah penyebeb perubahan sifat benda, kecuali ...________________
Berikut ialah penyebeb perubahan sifat benda, kecuali ...________________
A. | pembusukan |
B. | pemuaian dan penyusutan |
C. | pencampuran dengan air |
D. | peleburan |
152 6.2.1 Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Reaksi yang dihasilkan fotosintesis ialah ...________________
Reaksi yang dihasilkan fotosintesis ialah ...________________
A. | Glukosa + 6 O2 |
B. | Glukosa + 6 CO2 |
C. | Glukosa + 3 O2 |
D. | Glukosa + 3 CO2 |
153 6.2.1 Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Reaksi yang disebut juga fotolisis alasannya proses peresapan energi cahaya dan penguraian molekul air menjadi oksigen dan hidrogen, disebut dengan ...________________
Reaksi yang disebut juga fotolisis alasannya proses peresapan energi cahaya dan penguraian molekul air menjadi oksigen dan hidrogen, disebut dengan ...________________
A. | Reaksi Terang |
B. | Reaksi Gelap |
C. | Reaksi Hidrolisis |
D. | Reaksi Cahaya |
154 6.2.1 Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Reaksi yang berlangsung di dalam stroma yang membentuk gula dari materi dasar CO2 yang diperoleh dari udara dan energi pada fotosintesis disebut dengan ...________________
Reaksi yang berlangsung di dalam stroma yang membentuk gula dari materi dasar CO2 yang diperoleh dari udara dan energi pada fotosintesis disebut dengan ...________________
A. | Reaksi Terang |
B. | Reaksi Gelap |
C. | Reaksi Hidrolisis |
D. | Reaksi Cahaya |
155 6.2.1 Menganalisis proses-proses fotosintesis pada tumbuhan
Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida kemudian diubah menjadi ...________________
Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida kemudian diubah menjadi ...________________
A. | Glukosa dan Oksigen |
B. | Karbohidrat dan Glukosa |
C. | Karbohidrat dan Oksigen |
D. | Glukosa dan Karbondioksida |
156 5.1.3 Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah semoga siswa sanggup mengkonstruksi pengetahuan IPA
Siswa melaksanakan penyelidikan dan pengamatan melalui observasi untuk menemukan jawaban-jawaban dari rasa ingin tahu yang dimiliki oleh siswa. Dalam kegiatan ini guru menyiapkan lembar pengematan bagi siswa semoga siswa mencatat semua proses pengamatannya sehingga mendapat kesimpulan selesai berkenaan dengan pembelajaran IPA.
Model pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tahap diatas disebut dengan metode ...________________
Siswa melaksanakan penyelidikan dan pengamatan melalui observasi untuk menemukan jawaban-jawaban dari rasa ingin tahu yang dimiliki oleh siswa. Dalam kegiatan ini guru menyiapkan lembar pengematan bagi siswa semoga siswa mencatat semua proses pengamatannya sehingga mendapat kesimpulan selesai berkenaan dengan pembelajaran IPA.
Model pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tahap diatas disebut dengan metode ...________________
A. | Inkuiri |
B. | Relasional |
C. | Aktivitas |
D. | Probabilitas |
157 5.1.3 Merancang kegiatan pembelajaran IPA melalui penyelidikan ilmiah semoga siswa sanggup mengkonstruksi pengetahuan IPA
- Mengkaji GBPP IPA untuk menganalisis konsep-konsep penting yang akan diajar.
- Membuat skema konsep yang menghubungkan konsep satu dengan konsep lannya
- Memilih tema sentral yang sanggup menjadi payung untuk memadukan konsep-konsep tersebut
- Membuat TPK dan deskripsi kegiatan pembelajaran yang diubahsuaikan dengan ingkat perkembangan untuk setiap kondep.
- Menyusun materi bacaan berupa bacaan dongeng yang mengacu pada tema, disertai gambar dan permainan.
- Menyusun agenda kegiatan dan alokasi waktu yang diharapkan secara proporsional.
- Menyusun kisi-kisi perangkat tes dan soal tes.
Karakteristik model pembelajaran diatas sesuai dengan metode pembelajaran________________
- Mengkaji GBPP IPA untuk menganalisis konsep-konsep penting yang akan diajar.
- Membuat skema konsep yang menghubungkan konsep satu dengan konsep lannya
- Memilih tema sentral yang sanggup menjadi payung untuk memadukan konsep-konsep tersebut
- Membuat TPK dan deskripsi kegiatan pembelajaran yang diubahsuaikan dengan ingkat perkembangan untuk setiap kondep.
- Menyusun materi bacaan berupa bacaan dongeng yang mengacu pada tema, disertai gambar dan permainan.
- Menyusun agenda kegiatan dan alokasi waktu yang diharapkan secara proporsional.
- Menyusun kisi-kisi perangkat tes dan soal tes.
Karakteristik model pembelajaran diatas sesuai dengan metode pembelajaran________________
A. | Inkuiri |
B. | Terpadu |
C. | Aktivitas |
D. | Probabilitas |
158 5.1.2 Merumuskan tujuan pembelajaran (proses, produk, dan sikap) sifat benda padat, cair dan gas sesuai dengan karakteristik akseptor didik dan materi ajar.
Beberapa rumusan pembelajaran (prose, produk, dan sikaf) sifat benda padat, cair dan gas ialah untuk mencapai tujuan berikut, kecuali ...________________
Beberapa rumusan pembelajaran (prose, produk, dan sikaf) sifat benda padat, cair dan gas ialah untuk mencapai tujuan berikut, kecuali ...________________
A. | Melalui pengamatan siswa sanggup menjelaskan sifat-sifat benda padat, cair dan gas. |
B. | Dengan percobaan, siswa sanggup mengelompokkan benda-benda padat, cair dan gas. |
C. | Melalui pengamatan siswa sanggup member pola pemanfaat benda padat, cair dan gas dalam kehidupan sehari-hari. |
D. | Melalui pengamatan, siswa sanggup menemukan sifat benda yang baru |
159 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Gerak Benda " , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
Pada kompetensi pembelajaran " Gerak Benda " , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
A. | Metode Eksperimen |
B. | Metode Ceramah |
C. | Metode Diskusi |
D. | Metode Bermain Peran |
160 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Sifat Benda " , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
Pada kompetensi pembelajaran " Sifat Benda " , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
A. | Metode Demonstrasi |
B. | Metode Ceramah |
C. | Metode Diskusi |
D. | Metode Bermain Peran |
161 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Jenis Makanan Hewan " , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
Pada kompetensi pembelajaran " Jenis Makanan Hewan " , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
A. | Metode Demonstrasi |
B. | Metode Ceramah |
C. | Metode Diskusi |
D. | Metode Bermain Peran |
162 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran " Gerhana Bulan dan Matahari" , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
Pada kompetensi pembelajaran " Gerhana Bulan dan Matahari" , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
A. | Metode Demonstrasi |
B. | Metode Ceramah |
C. | Metode Diskusi |
D. | Metode Bermain Peran |
163 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran "Struktur Bumi" , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
Pada kompetensi pembelajaran "Struktur Bumi" , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
A. | Metode Demonstrasi |
B. | Metode Ceramah |
C. | Metode Diskusi |
D. | Metode Bermain Peran |
164 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Pada kompetensi pembelajaran "Fotosintesis" , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
Pada kompetensi pembelajaran "Fotosintesis" , Metode pembelajaran IPA yang paling sempurna dipakai ialah ...________________
A. | Metode Eksperimen |
B. | Metode Ceramah |
C. | Metode Diskusi |
D. | Metode Bermain Peran |
165 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Berikut ialah keunggulan metode ceramah, kecuali ...________________
Berikut ialah keunggulan metode ceramah, kecuali ...________________
A. | Menyampaikan materi lebih banyak dibandingkan materi lain |
B. | Pada pembelajaran IPA tidak diharapkan terlalu banyak peralatan laboratorium |
C. | Dapat membangkitkan kegiatan siswa |
D. | Konsep yang dipelajari akan gampang diingat alasannya dilihat secara langsung |
166 5.1.4 Mengkombinasikan bermacam-macam pendekatan/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran IPA untuk mencapai tujuan pembelajaran (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Berikut ialah kelemahan metode eksperimen, kecuali ...________________
Berikut ialah kelemahan metode eksperimen, kecuali ...________________
A. | Memerlukan materi dan alat praktik yang banyak |
B. | Kalau tidak diawasi dengan baik, kadang siswa main-main |
C. | Memerlukan waktu lebih usang dibanding metode demonstrasi |
D. | Siswa kurang terlatih dalam penggunaan alat |
167 5.1.5 Menggabungkan bermacam-macam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Berikut ialah fungsi Assesmen dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, kecuali...________________
Berikut ialah fungsi Assesmen dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, kecuali...________________
A. | Sebagai alat untuk merencanakan, pedoman, memperkaya pembelajran IPA di kelas. |
B. | Sebagai alat untuk memonitor hasil berguru IPA dan perbaikan pembelajaran. |
C. | Sebagai alat untuk memperbaiki kurikulum dan pengajaran IPA |
D. | Sebagai alat untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA yang telah diekspektasikan sebelumnya |
168 5.1.5 Menggabungkan bermacam-macam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Asesmen Sumatif dilaksanakan pada dikala ...________________
Asesmen Sumatif dilaksanakan pada dikala ...________________
A. | Sebelum pembelajaran |
B. | Pada dikala pembelajaran |
C. | Setelah pembelajaran |
D. | Pada dikala 3/4 pembelajaran |
169 5.1.5 Menggabungkan bermacam-macam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Asesmen Formatif sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut...________________
Asesmen Formatif sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut...________________
A. | Lisan dan Tulisan |
B. | Unjuk Kerja dan Tulisan |
C. | Lisan, Tulisan, dan Unjuk Kerja |
D. | Jurnal |
170 5.1.5 Menggabungkan bermacam-macam asessmen dalam mengevaluasi tujuan pembelajaran IPA (produk, proses, dan perilaku ilmiah)
Asesmen Diagnostik sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut...________________
Asesmen Diagnostik sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut...________________
A. | Lisan dan Tulisan |
B. | Unjuk Kerja dan Tulisan |
C. | Lisan, Tulisan, dan Unjuk Kerja |
D. | Jurnal |
171 6.2.3 Menggambarkan kekerabatan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
Kebun botani (raya), arboretum, kebun hewan dan aquarium ialah metode konservasi dengan cara ...________________
Kebun botani (raya), arboretum, kebun hewan dan aquarium ialah metode konservasi dengan cara ...________________
A. | Insitu |
B. | Eksitu |
C. | Evolusionari |
D. | Dumping |
172 6.2.3 Menggambarkan kekerabatan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
Hutan Lindung ialah metode konservasi dengan cara ...________________
Hutan Lindung ialah metode konservasi dengan cara ...________________
A. | Insitu |
B. | Eksitu |
C. | Evolusionari |
D. | Dumping |
173 6.2.3 Menggambarkan kekerabatan manusia, lingkungan dan pemeliharaannya
konservasi suatu species di luar habitat aslinya disebut dengan konservasi...________________
konservasi suatu species di luar habitat aslinya disebut dengan konservasi...________________
A. | Insitu |
B. | Eksitu |
C. | Evolusionari |
D. | Dumping |
174 6.3.1 menguraikan fungsi kelenjar-kelenjar yang berafiliasi dengan sistem pencernaan pada manusia
Fungsi kelenjar ludah yang benar ialah ...________________
Fungsi kelenjar ludah yang benar ialah ...________________
A. | Membantu mencerna makanan |
B. | Membantu menelan |
C. | Membantu semoga verbal tidak kering |
D. | Membantu verbal semoga tidak lembab |
175 6.3.1 menguraikan fungsi kelenjar-kelenjar yang berafiliasi dengan sistem pencernaan pada manusia
Fungsi kelenjar ludah yang benar ialah sebagai berikut, kecuali ...________________
Fungsi kelenjar ludah yang benar ialah sebagai berikut, kecuali ...________________
A. | Melicinkan dan membasahi rongga verbal sehingga membantu proses mengunyah dan menelan makanan |
B. | Membasahi dan melembutkan masakan menjadi materi setengah cair ataupun cair sehingga gampang ditelan dan dirasakan |
C. | Mempunyai kegiatan antibacterial dan sistem buffer |
D. | Membantu verbal semoga berada dalam keadaan lembab |
176 6.3.1 menguraikan fungsi kelenjar-kelenjar yang berafiliasi dengan sistem pencernaan pada manusia
Kelenjar yang berfungsi menghasilkan enzim pencernaan yang dialirkan menuju duodenum, yaitu:enzim amilase, enzim tripsinogen, enzim lipase dan NaHCO3 adalah kelenjar ... ________________
Kelenjar yang berfungsi menghasilkan enzim pencernaan yang dialirkan menuju duodenum, yaitu:enzim amilase, enzim tripsinogen, enzim lipase dan NaHCO3 adalah kelenjar ... ________________
A. | Saliva |
B. | Pankreas |
C. | Usus Halus |
D. | Lambung |
177 6.3.3 mengidentifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai sistem gerak pada manusia
Rangka badan insan mempunyai fungsi utama sebagai berikut, kecuali ...________________
Rangka badan insan mempunyai fungsi utama sebagai berikut, kecuali ...________________
A. | Memberi bentuk tubuh |
B. | Tempat melekatnya otot |
C. | Sistem kekebalan tubuh |
D. | Menjamin kekokohan tubuh |
178 6.3.3 mengidentifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai sistem gerak pada manusia
Bagian badan yang berkontraksi , berfungsi untuk menggerakan bagian-bagian badan baik yang di sadari maupun yang tidak disebut dengan ...________________
Bagian badan yang berkontraksi , berfungsi untuk menggerakan bagian-bagian badan baik yang di sadari maupun yang tidak disebut dengan ...________________
A. | otot |
B. | tulang |
C. | rangka |
D. | jaringan |
179 6.3.3 mengidentifikasi perbedaan otot dan rangka sebagai sistem gerak pada manusia
Pernyataan yang benar berkaitan dengan otot dan rangka ialah ...________________
Pernyataan yang benar berkaitan dengan otot dan rangka ialah ...________________
A. | Otot hanya berkontraksi, tidak berelaksasi |
B. | 60% berat badan kita terdiri dari otot |
C. | Rangka tidak sanggup bergerak sendiri, namun dibantu otot |
D. | Manusia sanggup bergerak cukup dengan otot saja |
180 6.6.3 Menganalisis kebutuhan energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Berikut ialah cara penghematan listrik yang baik, kecuali ________________
Berikut ialah cara penghematan listrik yang baik, kecuali ________________
A. | Tidak sering membuka pintu kulkas |
B. | Mengatur tingkat kepanasan setrika |
C. | Menggunakan lampu hemat energi |
D. | Menggunakan TV dan Radio bersamaan untuk menggali informasi |
181 6.6.3 Menganalisis kebutuhan energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Berikut ini ialah pola energi terbarukan, kecuali ...________________
Berikut ini ialah pola energi terbarukan, kecuali ...________________
A. | Energi Matahari |
B. | Energi Nuklir |
C. | Energi Laut |
D. | Energi Minyak Bumi |
182 6.6.3 Menganalisis kebutuhan energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
Berikut ini ialah pola perubahan energi, dari energi cahaya menjadi energi kimia yaitu pada ...________________
Berikut ini ialah pola perubahan energi, dari energi cahaya menjadi energi kimia yaitu pada ...________________
A. | Baterai |
B. | Fotosintesis |
C. | Solder Listrik |
D. | Tenaga surya Baca Juga Soal Latihan |
Belum ada Komentar untuk "√ Latihan Soal Ukg Sd Bab 4 (Soal 151-200)"
Posting Komentar