√ Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Tingkat Mts/Smp

 telah diketahui bahwa Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum  √ Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP – Sahabat pejuangnya Madrasah Indonesia, telah diketahui bahwa Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2019 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu dalam melakukan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan, mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melakukan penilaian perilaku dengan aneka macam macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keteram pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam membuatkan butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir-butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan denganketerampilan berpikir tingkat rendahhingga tinggi.

Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan akseptor didik. Permasalahan lain yang sering muncul yaitu penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.

Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada SMP (SMP). Panduan penilaian ini diperlukan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Tujuan Penyusunan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 MTs dan SMP

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut.
  1. Merencanakan, membuatkan instrumen, dan melakukan penilaian hasil belajar.
  2. Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian.
  3. Menerapkan kegiatan remedial bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM, dan kegiatan pengayaan bagi akseptor didik yang telah mencapai ketuntasan berguru minimal.
  4. Melaksanakan supervisi penilaian. 

download file Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP


Untuk lebih jelasnya silahkan download file Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP melalui tautan di bawah ini :


Demikianlah goresan pena wacana Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Tingkat MTs/SMP, agar bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "√ Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Tingkat Mts/Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel