Pengertian Pasar Lengkap

Pasar atau pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual bertemu untuk transaksi ekonomi, termasuk penjualan atau pembelian barang dan jasa, sumber daya ekonomi dan faktor-faktor produksi lainnya. Secara umum, pengertian pasar tidak mengacu pada tempat atau tempat tertentu karena pasar tidak memiliki batasan geografis. Keberadaan sistem jaringan komunikasi modern dapat menghilangkan hambatan atau batasan geografis, memungkinkan penjual dan pembeli untuk berdagang tanpa harus melihat satu sama lain.



Definisi pasar yang kita diskusikan di sini lebih berfokus pada signifikansi ekonomi, terutama untuk transaksi pembelian dan penjualan. Dalam ilmu ekonomi, definisi pasar adalah jumlah penawaran dan permintaan jenis barang atau jasa tertentu. Definisi pasar adalah permintaan agregat dan penawaran untuk layanan dan barang tertentu. Definisi pasar mengacu pada semua aktivitas penawaran dan permintaan, termasuk modal, sekuritas, tenaga kerja dan uang.

Pada prinsipnya, kegiatan ekonomi di pasar tergantung pada kebebasan bersaing pembeli dan penjual. Penjual bebas memutuskan barang atau jasa mana yang akan diproduksi dan mana yang akan didistribusikan. Sedangkan untuk pembeli atau konsumen, mereka memiliki kebebasan untuk membeli dan memilih barang atau jasa yang sesuai dengan daya beli mereka.

Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan pasar sangat penting bagi kehidupan. Bahkan, jika ada kebutuhan yang tidak dapat diproduksi sendiri, ia dapat memperoleh kebutuhan ini di pasar. Konsumen atau pembeli pergi ke pasar untuk membeli dan memenuhi kebutuhan mereka dengan sejumlah uang untuk membayar harganya. Berikut ini pengertian pasar menurut para ahli.

Pahami pasar menurut para ahli.


William J. Stanton
William J. Stanton mengatakan konsep pasar adalah sekelompok orang yang ingin puas, yang menggunakan uang untuk membeli dan yang ingin membelanjakannya.

Wikipedia
Pasar adalah institusi, sistem, hubungan sosial, prosedur dan infrastruktur di mana perusahaan menjual barang, tenaga kerja dan jasa kepada sekelompok orang dengan imbalan uang.

Kotler dan Armstrong
Kotler dan Armstrong berpendapat bahwa definisi pasar adalah seperangkat pembeli nyata dan potensial dari suatu produk atau layanan. Ukuran pasar itu sendiri tergantung pada jumlah orang yang memiliki kebutuhan dan memiliki kemampuan untuk menghadapinya. Banyak penjual menganggap penjual dan pembeli sebagai pasar di mana penjual akan mengirim produk dan layanan yang mereka hasilkan dan berikan atau komunikasikan ke pasar. Sebaliknya, mereka akan mendapatkan uang dan informasi pasar.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pasar Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel