√ Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Aktivitas Keagamaan Di Madrasah Aliyah

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAMNOMOR  √ PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAMNOMOR 1293 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH – Sahabat , Masyarakat luas mengenal madrasah sebagai forum pendidikan keagamaan. Pemahaman masyarakat ini tidak sepenuhnya salah mengingat awal mulanya madrasah dibangun untuk menyediakan pendidikan bagi masyarakat yang ingin mendalami agama Islam. Dalam perkembangannya, madrasah mengalami transformasi seiring dengan perkembangan sosial, politik, dan budaya masyarakat Indonesia. Dewasa ini, Madrasah telah bertransformasi layaknya sekolah. Walaupun demikian, madrasah tidak meninggalkan ciri khasnya sebagai forum pendidikan yang concern pada pendidikan agama. Untuk menampung harapan sebagian masyarakat yang menghendaki pendidikan keagamaan, madrasah melaksanakan diversifikasi program. Salah satunya ialah madrasah keagamaan pada jenjang aliyah.

MadrasahAaliyah Program Keagamaan mempersiapkan alumninya sebagai input bagi perguruan tinggi tinggi aktivitas studi keagamaan baik di dalam maupun luar negeri atau sebagai pengatur muda di bidang agama. Pada abad Menteri Agama dijabat oleh Munawir Syadzali, pernah dibuka Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) dengan keahlian di bidang agama yang ditunjang oleh kemampuan berbahasa Arab dan bahasa Inggris sangat baik.

Walaupun jumlahnya sangat sedikit, alumni aktivitas ini diakui mempunyai kompetensi yang sangat menonjol dibanding dengan lulusan madrasah aliyah pada umumnya. Alumninya yang sekarang berusia 30-40 an tahun banyak yang mempunyai karir menonjol di aneka macam bidang. Seiring dengan perkembangan pendidikan, MAPK telah berakhir. Sekarang ini yang tersedia ialah madrasah aliyah dengan Peminatan Keagamaan.

Sebagaimana madrasah aliyah aktivitas IPA, IPS, atau Bahasa, madrasah aliyah Program Keagamaan pada hakikatnya ialah madrasah aliyah reguler dengan embel-embel penguatan di bidang agama. Data remaja ini tercatat bahwa madrasah aliyah yang mempunyai Program Keagamaan sebanyak 765 baik negeri maupun swasta. Berdasarkan kenyataan di atas, sebagai bentuk afirmasi dan sekaligus membuatkan Program Keagamaan yang mulai ditinggalkan masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direktorat Pendidikan Madrasah menyelenggarakan Madrasah Aliyah Program Keagamaan.
Silahkan Klik tautan di Bawah ini Untuk mengunduh PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH


Tujuan MA Program Keagamaan
bertujuan untuk:

1. Menghasilkan akseptor ajar yang kompeten dalam bidang keagamaan (Tafaqquh fiddin);

2. Menghasilkan akseptor ajar yang kompeten dalam bidang kebahasaan abnormal (minimal Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)

3. Menghasilkan akseptor ajar yang kompeten dalam bidang wawasan dan khazanah keislaman;

Demikianlah goresan pena perihal PETUNJUK TEKNIS PENYELENGGARAAN PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAHALIYAH biar bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "√ Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Aktivitas Keagamaan Di Madrasah Aliyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel