√ Tujuan Dan Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq Madrasah Ibtidaiyah

Tujuan Dan Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq Madrasah Ibtidaiyah √ Tujuan Dan Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq Madrasah Ibtidaiyah
Tujuan Dan Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq Madrasah Ibtidaiyah - Sahabat pejuananya madrasah Indonesia, Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari wacana rukun iktikad yang dikaitkan dengan pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan penyesuaian dalam mengamalkan budbahasa terpuji dan budbahasa Islami melalui pemberian contoh-contoh sikap dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak mempunyai bantuan dalam menawarkan motivasi kepada akseptor didik untuk mempraktikkan al-akhlak al-karimah dan budbahasa Islami dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta Qada dan Qadar.

Al-akhlak al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan semenjak dini oleh akseptor didik dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam rangka mengantisipasi imbas negatif kala globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan untuk membekali akseptor didik biar sanggup :
1.     Menumbuhkembangkan keyakinan melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman akseptor didik wacana keyakinan Islam sehingga menjadi insan muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
2.     Mewujudkan insan Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari budbahasa tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari anutan dan nilai-nilai keyakinan Islam. 
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak

Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah berisi pelajaran yang sanggup mengarahkan kepada pencapaian kemampuan dasar akseptor didik untuk sanggup memahami rukun iktikad dengan sederhana serta pengamalan dan penyesuaian berakhlak Islami secara sederhana pula, untuk sanggup dijadikan sikap dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya.

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah mencakup :

- Aspek Akidah (Keimanan), meliputi :
1.     Kalimat tayyibah sebagai bahan pembiasaan, meliputi: Lw ilwha illallwh, basmalah, alpamdulillwh, subpwnallwh, Allwhu Akbar, ta’awwuz, mwsyw Allah, assalwmu‘alaikum, salawat, tarji’, lw paula walw quwwata illw billah, dan istigfwr.
2.     Al-Asmw’ al-ousnw sebagai bahan pembiasaan, meliputi: al-Apad, al-Khwliq, ar-Rapmwn, ar-Raprm, as-Samr‘, ar-Razzwq, al-Mugnr, al-Hamrd, asy-Syakyr, al-Quddys, as-aamad, al-Muhaimin, al-‘Azrm, al-Karrm, al-Kabrr, al-Mwlik, al-Bwhin, al-Walr, al-Mujrb, al-Wahhwb, al-‘Alrm, az-jwhir, ar-Rasyrd, al-Hwdr, as-Salwm, al-Mu’min, al-Lahrf, al-Bwqr, al-Basrr, al-Mupyi, al-Mumrt, al-Qawr, al-Hakrm, al-Jabbwr, al-Musawwir, al-Qadrr, al-Gafyr, al-‘Afuww, as-aabyr, dan al-Halrm.
3.     Iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat hayyibah, al-Asmw’ al-ousnw dan pengenalan terhadap salat lima waktu sebagai manifestasi iktikad kepada Allah.
4.     Meyakini rukun iktikad (iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul dan Hari tamat serta Qada dan Qadar Allah)
- Aspek Akhlak, meliputi :
1.     Pembiasaan budbahasa karimah (mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: disiplin, hidup bersih, ramah, sopan-santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang, taat, rukun, tolong-menolong, hormat dan patuh, sidik, amanah, tablig, fatanah, tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.
2.     Mengindari budbahasa tercela (mazmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik, dan murtad.
- Aspek budbahasa Islami, mencakup :
1.     Adab terhadap diri sendiri, yaitu: budbahasa mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah, berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain.
2.     Adab terhadap Allah, yaitu: budbahasa di masjid, mengaji, dan beribadah.
3.     Adab kepada sesama, yaitu: kepada orang tua, saudara, guru, dan teman
- Aspek cerita teladan, meliputi :
  • Kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhan, Nabi Sulaiman a.s. dengan tentara semut, masa kecil Nabi Muhammad saw., masa dewasa Nabi Muhammad saw., Nabi Ismail a.s., Kan’an, Tsa’labah, Masyitah, Abu Lahab, dan Qarun.
  • Materi kisah-kisah teladan ini disajikan sebagai penguat terhadap isi materi, yakni keyakinan dan budbahasa sehingga tidak ditampilkan dalam Standar Kompetensi, tetapi ditampilkan dalam Kompetensi Dasar dan indikator
Sumber : abdimadrasah.com

Demikianlah goresan pena  tentang Tujuan dan Ruang Lingkup Mata Pelajaran Akidah-Akhlak Madrasah Ibtidaiyah, semoga ada manfaatnya.


Belum ada Komentar untuk "√ Tujuan Dan Ruang Lingkup Aqidah Akhlaq Madrasah Ibtidaiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel